Lagi, Seorang Jurnalis Tewas Dipenggal di Meksiko

Jurnalis di Meksiko tewas terpenggal

AGEN BOLAMeksiko - Seorang jurnalis ditemukan tewas dipenggal pada Rabu (9/9/2020) waktu setempat di daerah yang dilanda kekerasan di Meksiko timur. Pembunuhan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian pembunuhan di salah satu negara paling berbahaya di dunia bagi wartawan tersebut.

Hugo Gutierrez, menteri keamanan dan kepala polisi di negara bagian timur Veracruz, mengutuk "pembunuhan seperti pengecut" terhadap Julio Valdivia, yang bekerja untuk surat kabar El Mundo de Veracruz.

"Dalam koordinasi dengan Kejaksaan Agung negara bagian, kami akan menggunakan semua sumber daya untuk menemukan mereka yang bertanggung jawab atas ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Mayat Valdivia ditemukan beserta sepeda motornya di jalur kereta api di daerah pegunungan di kotamadya Tezonapa.

Dia adalah jurnalis kelima yang dibunuh di Meksiko tahun ini, menurut pengawas media Reporters Without Borders, yang mendesak pihak berwenang untuk menyelidiki apakah pria berusia 41 tahun itu dibunuh karena pekerjaannya.

Meksiko dinilai oleh pengawas media sebagai salah satu negara paling berbahaya di dunia bagi jurnalis.

Lebih dari 100 jurnalis telah tewas dibunuh di Meksiko sejak tahun 2000, dengan hanya sebagian kecil dari kejahatan tersebut yang menghasilkan hukuman bagi pelakunya.

Bulan lalu, seorang pria dijatuhi hukuman 50 tahun penjara karena memerintahkan pembunuhan terhadap jurnalis terkemuka Miroslava Breach pada tahun 2017.

Share on Google Plus

About maxbet268