Tutorial

Wayne Rooney Pensiun, Resmi Jadi Manajer Tetap Derby County

AGEN BOLA, Wayne Rooney memutuskan gantung sepatu dari sepakbola. Ia kini resmi menjadi manajer tetap Derby County.

Rooney, 35 tahun, sebelumnya sudah menangani Derby sejak November 2020, menggantikan Phillip Cocu yang dipecat. Hanya saja, statusnya saat itu masih menjadi pemain-pelatih.

Namun semenjak penunjukan itu, Rooney tak pernah lagi memasukkan namanya sendiri dalam daftar skuad. Pada 15 Januari 2021, Rooney memutuskan fokus menjalani karier manajerial.

Ia akan berusaha membawa Derby bertahan di divisi Championship, kasta kedua Liga Inggris. Saat ini, Derby tengah berada di zona degradasi, menempati urutan ke-22 dari 24 tim, dan baru mengumpulkan 19 poin dari 22 laga.

"Saat saya pulang ke Inggris (seusai membela DC United di Amerika Serikat), saya terkagum-kagum dengan potensi Derby. Stadion, fasilitas latihan, kualitas staf pelatih dan para pemain mudanya, dan tentu saja suporter yang setia," kata Rooney, dikutip The Guardian.

"Diberikan kesempatan mengikuti jejak (para manajer Derby terdahulu seperti) Brian Clough, Jim Smith, Frank Lampard, dan Phillip Cocu adalah sebuah kehormatan."

"Saya berjanji kepada semua orang yang ada di klub, kepada fans, dan para staf saya, bahwa saya akan berusaha keras memaksimalkan potensi yang sudah saya lihat selama setahun terakhir di sini," tegas Rooney.

Lahir di Liverpoool, Rooney pun memulai kariernya di kota itu bersama Everton pada 2002. Dua tahun berselang, Manchester United merekrutnya dan ia bertahan di sana hingga 2017.

Sempat pulang ke Everton selama semusim, pada 2018 ia pindah ke DC United lalu pulang ke Inggris pada Januari 2020, membela Derby County dan akhirnya pensiun di sana.

Selama kariernya, Rooney banyak meraih trofi, di antaranya 5 gelar Liga Inggris, 1 Piala FA, 3 Piala Liga Inggris, 1 Liga Champions, dan 1 Liga Europa. Semuanya didapat bersama MU.

Sedangkan bersama Timnas Inggris, Rooney tampil 120 kali dan mencetak 53 gol selama periode 2003-2018. Sayang, tak ada gelar yang ia sumbangkan untuk The Three Lions, meski kini ia masih ada di urutan teratas daftar pencetak gol terbanyak.

Share on Google Plus

About maxbet268