Perbatasan Memanas Lagi, India-China Kembali Berunding


AGEN BOLA, Para petinggi angkatan bersenjata India dan China kembali mengadakan pembicaraan pada Senin (21/9) untuk menyelesaikan sengketa wilayah Ladakh di pegunungan Himalaya yang kembali memanas.

Rincian mengenai pembicaraan yang dilakukan di Moldo, wilayah Ladakh, itu tidak diungkapkan.

Tanpa menyebut nama, seorang pejabat India mengatakan seorang pejabat senior Kementerian Luar Negeri India juga berpartisipasi dalam pertemuan tersebut.

Meskipun beberapa pembicaraan baik di tingkat militer, diplomatik, politik, termasuk negosiasi antara menteri luar negeri dan pertahanan kedua negara di Moskow bulan ini telah dilakukan. Namun, ketegangan di perbatasan tetap terjadi.

Media dari kedua negara juga telah melaporkan liputan tentang meningkatnya ketegangan yang secara dramatis mengubah hubungan bilateral kedua negara.

Konflik di perbatasan Ladakh memuncak pada Juni lalu, sekaligus menjadi bentrokan paling mematikan dalam beberapa dasawarsa terakhir. Tentara dari kedua negara bentrok menggunakan pentungan, batu, dan tangan kosong.

Sebanyak 20 tentara India dilaporkan tewas dalam kejadian itu.

China diyakini juga mengalami korban jiwa, tapi mereka tidak memberikan rincian apa pun.

Dalam beberapa pekan terakhir, kedua negara raksasa Asia itu saling tuduh satu sama lain telah mengirim tentara di wilayah yang disengketakan. Untuk pertama kalinya dalam 45 tahun, kedua negara melepaskan tembakan peringatan sekaligus menandai kekhawatiran bakal terjadi konflik militer berskala penuh.

China dan India bertempur dalam perang perbatasan pada 1962 yang menyebar ke Ladakh dan berakhir dengan gencatan senjata.

Sejak itu, pasukan dari kedua negara menjaga daerah perbatasan yang membentang dari Ladakh ke negara bagian Arunachal Pradesh di timur laut India. Pasukan dari kedua negara juga sesekali terlibat perkelahian di perbatasan.

Share on Google Plus

About maxbet268