Rusia Mulai Produksi Vaksin Corona 'Sputnik V'


AGEN BOLAMoskow - Rusia telah mulai memproduksi vaksin virus Corona (COVID-19). Ini merupakan produksi massal gelombang pertama vaksin Corona yang diberi nama Sputnik V itu.

Pemberian nama Sputnik V sendiri sebagai penghormatan kepada satelit pertama di dunia yang diluncurkan oleh Uni Soviet.

Proses produksi vaksin Corona itu dimulai kemarin, Sabtu (17/8). Sesaat setelah Kementerian Kesehatan Rusia mengumumkannya.

Proses produksi vaksin Corona ini sebelumnya disampaikan oleh Kantor Berita Interfax yang mengutip Kementerian Kesehatan Rusia. Rencananya vaksin Corona ini akan diluncurkan pada akhir bulan Agustus 2020 ini.

Institut Gamaleya Moskow, yang mengembangkan vaksin tersebut, sebelumnya mengatakan bahwa Rusia akan memproduksi sekitar 5 juta dosis sebulan pada Desember-Januari.

Kendati demikian, cepatnya proses persetujuan atas vaksin ini tak luput dari kritik. Beberapa ilmuwan mengatakan mereka khawatir bahwa dengan persetujuan peraturan yang cepat ini, Rusia dapat menempatkan prestise nasional di atas keselamatan di tengah perlombaan global untuk mengembangkan vaksin melawan penyakit tersebut.

Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin telah meyakinkan publik bahwa itu aman. Dia juga mengungkapkan bahwa salah satu putrinya telah memutuskan menjadi sukarelawan dan merasa senang setelah itu.

Di tengah kontroversinya, banyak negara yang berminat dengan vaksin buatan Rusia ini. Filipina, Israel dan Brasil menjadi tiga negara pertama yang menyatakan siap melakukan ujicoba lanjutan, memproduksi dan mendistribusikan vaksin Sputnik V.

Share on Google Plus

About maxbet268