Alisson, Kiper Keenam yang Bikin Gol di Premier League

AGEN BOLA, Gol Alisson Becker tak hanya membawa Liverpool mengalahkan West Bromwich Albion. Tapi, juga membuatnya jadi kiper keenam yang bikin gol di Premier League.

Menghadapi WBA yang sudah terdegradasi di The Hawthorns, Minggu (16/5/2021) malam WIB, Liverpool kesulitan sejak menit awal. Mereka bahkan kebobolan duluan oleh gol Hal Robson-Kanu di menit ke-15.

Tapi, Mohamed Salah membuat gol penyama kedudukan di menit ke-32. Setelah itu Liverpool dibuat frustrasi karena beberapa kali peluang yang didapat gagal berbuah gol.

Laga tampaknya akan berakhir imbang ketika Liverpool mendapat korner di menit akhir injury time babak kedua. Bola yang disepak Trent Alexander-Arnold mengarah kerumunan pemain dan Alisson melompat tinggi untuk menanduknya... jadi gol!

Liverpool menang 2-1 sekaligus menjaga kansnya untuk finis empat besar musim ini. Liverpool di posisi kelima klasemen dengan 63 poin berselisih satu angka dari Chelsea di posisi keempat serta tiga angka dari Leicester City di posisi ketiga.

Gol Alisson ini membuat kiper asal Brasil itu masuk buku sejarah sebagai kiper pertama yang bikin gol penentu kemenangan timnya di Premier League. Sebelum ini memang sudah ada lima kiper yang bikin gol, tapi tidak ada yang sekrusial Alisson.

Kiper pertama yang bikin gol di Premier League adalah Peter Schmeichel saat timnya Aston Villa kalah 2-3 dari Everton pada Oktober 2001, lalu Brad Friedel pada Februari 2004 saat Blackburn Rovers kalah 2-3 dari Charlton Athletic.

Paul Robinson bikin gol buat Tottenham Hotspur saat mengalahkan Watford 3-1 pada Maret 2007, lalu Tim Howard saat Everton kalah 1-2 dari Bolton Wanderers pada Januari 2012.

Kiper terakhir yang bikin gol di Premier League adalah Asmir Begovic saat Stoke City berimbang 1-1 kontra Southampton pada November 2013. Makin bikin Alisson Becker bangga adalah dia jadi kiper Liverpool pertama dalam sejarah klub yang bikin gol.

"Alisson adalah pemain kami, sahabat, dan anak kami. Ketika dia menderita, semuanya menderita. Dalam momen sulit seperti ini. Ada banyak hal yang lebih penting daripada sepakbola. Tapi, ketika sepakbola bisa membuat momen indah seperti ini untuknya, lalu seluruh pemain serta fans, maka untuk beberapa saat, sepakbola adalah yang paling penting di dunia ini," ujar manajer Juergen Klopp seperti dikutip BBC Sport.


Share on Google Plus

About maxbet268