Xabi Alonso Setuju Latih Borussia Moenchengladbach

AGEN BOLA, Mantan gelandang top Spanyol Xabi Alonso segera muncul di dug out. Alonso dilaporkan telah setuju melatih Borussia Moenchengladbach di musim panas.

Alonso akan menduduki kursi pelatih Gladbach untuk menggantikan Marco Rose. Sebulan lalu, Gladbach memastikan bahwa Rose akan hengkang di akhir musim usai menerima tawaran melatih di Borussia Dortmund.

Menurut Bild, pria berusia 39 tahun itu akan diumumkan sebagai pelatih Gladbach sesegera mungkin setelah resmi menerima tawaran sebagai pelatih kepala pada Juni mendatang. Saat ini Alonso masih terikat kontrak dengan Real Sociedad B.

Die Fohlen tampil di Liga Champions 2020/21 setelah finis keempat di Liga Jerman. Namun, Gladbach tampil jeblok usai terpuruk di peringkat 10 klasemen dengan selisih 11 poin dari Eintracht Frankfurt di empat besar.

Xabi Alonso pensiun pada musim panas 2017 setelah berkarier selama hampir dua dekade. Semasa masih aktif bermain, Alonso pernah memperkuat klub-klub top seperti Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Munich dengan memenangi segudang gelar juara termasuk dua Liga Champions.

Alonso juga merupakan mantan gelandang yang begitu diandalkan timnas Spanyol. Sejak debut pada 2003, Alonso sudah mengoleksi 114 caps dengan tampil di tiga Piala Dunia (2006, 2010, 2014) dan tiga Piala Eropa (2004, 2008, 2012). Alonso sukses memenangi dua medali Eropa dan sekali Piala Dunia.

Usai gantung sepatu, Alonso mengambil kursi pelatih UEFA Elite sembari melatih tim Real Madrid U-14. Sejak 2019, Alonso tercatat sebagai pelatih Real Sociedad B.

"Dia akan kembali sebagai seorang manajer. Saya bertaruh, di manapun tempat yang dia inginkan, dia akan menjadi seorang manajer dan akan bagus. Dia memahami permainannya dan punya rasa penasaran akan permainannya," ucap Pep Guardiola, manajer Xabi Alonso saat masih bermain di Bayern.

Share on Google Plus

About maxbet268