Toloi Jadi Oriundi Terbaru di Timnas Italia

AGEN BOLA, Rafael Toloi menjadi Oriundi terbaru di timnas Italia. Pemain Atalanta ini lahir di Brasil dan bahkan sempat bermain untuk timnas Brasil U-20.

Rafael Toloi masuk dalam daftar 38 pemain yang dipanggil pelatih timnas Italia untuk laga di jeda Internasional pekan depan. Gli Azzurri bakal menghadapi Irlandia Utara (26/3), Bulgaria (29/3) dan Lithuania (4/1) di ajang kualifikasi Puala Dunia 2022.

Toloi menjadi Oriundi terbaru di timnas Italia. Istilah Oriundi merujuk kepada seseorang yang bukan lahir di Italia tapi berpaspor Italia.

Toloi lahir di Brasil tapi memiliki keturunan Italia dari kakek buyutnya yang berasal dari Treviso. Ia baru menginjakkan kaki di Negeri Pizza pada 2014 lalu saat dipinjamkan Sao Paolo ke AS Roma.

Semusim berselang, ia hengkang ke Atalanta yang menjadi klubnya saat ini. Toloi tampil konsisten di jantung pertahanan La Dea hingga Roberto Mancini tertarik memanggilnya.

Toloi begitu senang bisa membela timnas Italia. Menurutnya, ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan.

"Saya sangat senang. Itu benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan, "kata Toloi dikutip dari Football Italia.

"Ada beberapa kali pembicaraan soal ini, tapi FIFA baru memberikan otorisasi kepada saya untuk bisa dipanggil beberapa bulan yang lalu. Meski saya punya paspor Italia sudah lebih dari 10 tahun yang lalu."

Tim nasional Italia sejatinya sudah sering diisi oleh Oriundi. Namun, pro dan kontra tetap mewarnai kehadiran Oriundi ini di La Nazionale.

Mancini yang memanggil Toloi bahkan pernah mempermasalahkan adanya Oriundi saat timnas Italia yang masih dilatih Antonio memanggil Eder (Brasil) dan Franco Vazquez (Argentia) pada 2015 silam.

"Tim nasional Italia harus orang Italia, Mereka yang tidak lahir di Italia tapi punya hubungan jauh tidak seharusnya dipanggil, itulah pendapat saya," kata Mancini enam tahun yang lalu.

Prinsip Mancini tersebut tampaknya kini perlahan mulai luntur saat dirinya menukangi Italia. Selain Toloi, ada nama Emerson Palmieri yang juga lahir di Brasil.

Share on Google Plus

About maxbet268