Mendy Hanya Butuh 16 Laga untuk Cetak 10 Cleansheet

AGEN BOLA, Edouard Mendy kembali mencatatkan cleansheet saat Chelsea mengalahkan West Ham United 3-0. Kiper asal Senegal itu semakin menunjukkan kualitasnya bersama The Blues.

Di Stamford Bridge, Selasa (22/12/2020) dini hari WIB, Mendy tak banyak jatuh bangun mengawal gawang Chelsea. Tak satu pun dari 7 tembakan The Hammers yang mengarah ke gawang. Ia mampu mengoordinasi lini pertahanan Chelsea dengan baik.

Hasil itu membuat Mendy sudah mengoleksi 6 cleansheet dari 10 laga di Liga Inggris musim ini. Jumlah tersebut menyamai milik Ederson (Manchester City) dan hanya kalah dari Emiliano Martinez (Aston Villa) yang sudah punya 7 cleansheet

Bedanya, jumlah penampilan Mendy lebih sedikit dibandingkan keduanya, sebab ia baru bergabung dengan Chelsea pada akhir September dan baru diturunkan di pekan keempat. Ederson sudah tampil 13 kali, sementara Martinez 12 kali.

Selain itu, Mendy juga sudah mencatatkan 4 cleansheet lainnya di Liga Champions dalam 5 penampilan. Jika ditotal, sudah 10 cleansheet ia bukukan dalam 16 penampilan. Satu laga sisa yakni di Piala Liga Inggris, di mana ia kebobolan satu gol melawan Tottenham Hotspur.

Catatan impresif Mendy sejauh ini semakin menjelaskan mengapa manajer Chelsea Frank Lampard menginginkannya menjadi kiper utama, menggantikan Kepa Arrizabalaga.

Melihat data Transfermarkt, musim lalu Kepa juga mencatatkan 10 cleansheet bersama Chelsea. Hanya saja, ia butuh 41 pertandingan. Ditambah 4 penampilan musim ini, di mana ia selalu kebobolan, maka Kepa melalui 45 laga untuk mendapat hasil yang sama dengan Mendy.

Meski demikian, ada perbedaan kualitas lini pertahanan Chelsea antara musim ini dengan musim lalu. Musim lalu, Kepa ditopang oleh bek-bek macam Kurt Zouma, Andreas Christensen, Emerson, dan Antonio Rudiger. Tiga nama terakhir kini menjadi cadangan.

Musim ini, Chelsea mendatangkan Thiago Silva dan Ben Chilwell. Penampilan Zouma makin membaik sejak dipasang dengan Silva. Patut diingat juga, dalam empat laga yang dimainkan Kepa musim ini, Silva tak pernah turun.

Bisa jadi, performa buruk Kepa disebabkan kualitas lini pertahanan Chelsea yang tak mampu membantunya tampil maksimal, meski tak tertutup kemungkinan Kepa yang gagal mengatur barisan bek di depannya dengan baik.

Share on Google Plus

About maxbet268