Pjanic: Main Bola Tak Perlu Kecepatan, Terpenting Kecerdasan

AGEN BOLA, Miralem Pjanic beberapa kali bermain sebagai gelandang bertahan di Barcelona. Dia pun kemudian mendefinisikan cara bermain sepakbolanya.

Pjanic terus beradaptasi untuk bisa masuk ke pola permainan pelatih Ronald Koeman di Barcelona. Dia beberapa laga ini mendapat tugas sebagai gelandang bertahan bersama Frenkie de Jong.

Tugas tersebut sebetulnya pernah juga diemban Pjanic saat masih di Juventus dan AS Roma. Namun, situasinya tak sesering seperti di Barcelona.

Pjanic menjelaskan pemahamannya terkait bermain sepakbola. Dia mengaku sebagai pemain yang kreatif dengan tanpa memiliki kecepatan. Andalan dari Pjanic adalah akurasi umpan.

"Saya melihat sepakbola dengan banyak hal sebelum terjadi dan mempercepat permainan, karena saya bukan yang tercepat di tim tetapi saya membuat bola bergerak cepat," kata Pjanic seperti dikutip dari Marca.

"Itulah pandangan saya tentang sepakbola. Saya bukan yang terbaik secara fisik, meskipun saya telah melatihnya, tetapi di atas semua itu sepakbola saya adalah kendali, umpan, dan visi. Bagi saya, sepakbola adalah tentang menjadi cerdas di lapangan," tegasnya.

Pjanic adalah gelandang Barcelona di LaLiga dengan akurasi umpan terbaik sejauh ini. Pemain berusia 30 tahun itu membuat persentase umpan akurat mencapai 92,3 persen.

Dari total 130 umpan di LaLiga, cuma ada 10 kali Pjanic gagal melepaskan bola ke rekan tim. Pjanic juga tercatat sudah membuat empat tekel sukses dan tiga intercept di liga.

Pjanic sejauh ini baru bermain tiga kali sebagai starter, yakni semua di Liga Champions. Hasil yang didapat selalu berakhir dengan kemenangan.

Share on Google Plus

About maxbet268