Hamilton Juara Dunia F1 2020, Samai Rekor Schumacher

AGEN BOLA, Lewis Hamilton berhasil menjadi juara dunia Formula 1 2020 usai memenangi Grand Prix Turki. Hasil ini membuatnya menyamai rekor legenda Ferrari asal Jerman, Michael Schumacher.

Di Istanbul Park Circuit, Minggu (15/11/2020), Hamilton memulai balapan di grid keenam, setelah tampil kurang meyakinkan di fase kualifikasi kemarin. Namun saingan terdekatnya di klasemen sekaligus rekan setimnya, Valtteri Bottas, start di posisi kesembilan.

Sebelum balapan, Bottas berada di urutan kedua klasemen pebalap dengan 192 poin, sedangkan Hamilton di urutan teratas dengan 282 poin. Hamilton akan menjadi juara dunia jika Bottas finis di luar enam besar di GP Turki, terlepas hasil yang diperoleh Hamilton.

Jika kondisinya demikian, maka koleksi poin Hamilton tak akan bisa dikejar di tiga seri tersisa. Dan rupanya situasi di trek benar-benar memihak Hamilton.

Mobil Bottas mengalami spin hingga tercecer di papan bawah di lap pertama, dan akhirnya finis di urutan ke-14. Sementara Hamilton, meski awalnya berjuang keras di trek yang basah karena hujan, namun pada akhirnya berhasil naik secara perlahan.

Hingga akhirnya di lap ke-37, ia berhasil menyalip Sergio Perez (Racing Point) yang saat itu berada di depan. Situasi itu bertahan hingga usai, membuatnya menjadi pemenang sekaligus memastikan diri sebagai juara dunia musim in, atau yang keempat secara beruntun.

Gelar juara kali ini juga menjadi yang ketujuh bagi Hamilton, setelah sebelumnya menang di 2008, 2014, 2015, 2017, 2018, dan 2019. Dari tujuh gelar ini, gelar pertama dimenangi bersama McLaren, sedangkan sisanya bersama Mercedes.

Driver Inggris itu juga menyamai rekor Schumacher, yang sebelumnya menjadi satu-satunya pebalap yang juara dunia tujuh kali. Sebelumnya, ia sudah melampaui rekor 91 kemenangan milik Schumacher.

"Untuk semua anak-anak di luar sana yang punya mimpi luar biasa... kalian juga bisa melakukannya. Saya percaya pada kalian. Terima kasih semuanya, atas dukungan yang diberikan," ujar Hamilton di radio mobilnya seusai balapan, dikutip The Guardian.

Share on Google Plus

About maxbet268