Tutorial

Statistik Kepa Ini Buruk Sekali, Pantas Chelsea Tak Tahan Lagi


AGEN BOLA, Ada rumor Kepa Arrizabalaga musim panas ini akan segera didepak Chelsea, yang juga hendak mencari kiper baru. Tak heran karena statistiknya memang buruk sekali.

Kepa Arrizabalaga direkrut Chelsea dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018. Nilai transfer sebesar 80 juta euro menjadikannya penjaga gawang termahal sepanjang masa.

Di musim pertamanya bersama si Biru, kiper 25 tahun asal Spanyol itu sebenarnya mampu memperlihatkan sejumlah aksi memesona di bawah mistar gawang, antara lain lewat sejumlah penyelamatan dalam menghadapi tendangan penalti.

Keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Europa 2018/2019 pun dapat dikatakan tidak lepas dari kontribusi besar Kepa. Bukan apa-apa, dalam adu penalti di leg kedua semifinal lawan Eintracht Frankfurt, ia membuat dua penyelamatan krusial demi meloloskan the Blues ke final -- yang pada prosesnya juga mereka menangi berkat kemenangan 4-1 atas Arsenal.

Namun, performa Kepa Kepa Arrizabalaga musim ini malah banyak dapat kritikan. Sportbible bahkan menjuduli sebuah artikel anyarnya dengan 'Kepa Arrizabalaga punya persentase penyelamatan terburuk dalam sejarah Premier League'.

Merujuk ke PremierLeague.com, Kepa Arrizabalaga berada di posisi ke-13 dalam daftar kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak musim ini. Ia 'cuma' clean sheet delapan kali, kalah separuh dari Ederson (Manchester City) yang berada di posisi teratas. Dicatat pula bahwa gawangnya kebobolan sampai 47 kali di Premier League musim ini, dengan jumlah 55 penyelamatan.

Sebagai gambaran lebih jauh, gawang Chelsea bobol 54 gol Premier League pada musim ini, atau kebobolan lebih banyak gol dibandingkan 10 tim lain. Bahkan Brighton, yang finis di posisi ke-15, kebobolan jumlah gol yang sama.

Nah, statistik dari akun Twitter LDNFootbalI yang dikutip Sportbible kemudian menggarisbawahi buruknya performa seorang Kepa Arrizabalaga di bawah mistar gawang Chelsea.

"Ia punya persentase penyelamatan teruruk dalam sejarah Premier League (buat kiper yang main 10+ laga) dengan 54,5 persen. Posisi ke-730. Dalam dua tahun, ia sudah kebobolan 8 persen gol Chelsea di Premier League sejak 1992. Dari 47 gol yang bersarang di gawangnya, Kepa tidak bergerak sama sekali sebanyak 14 kali (30 persen)."

Perkara Kepa Arrizabalaga sampai mati langkah sebanyak 14 kali dari 47 kali gawangnya kebobolan itu tentu merisaukan buat tim yang ia perkuat. Apalagi sebuah pemodelan dari Opta mengenai potensi gol mengestimasi bahwa ia harusnya bisa kebobolan 11 gol lebih sedikit di Premier League musim ini. Tak heran jika Chelsea kini mau mencari pengganti.

Share on Google Plus

About maxbet268