Iran Eksekusi Mati Eks Pegawai Kementerian Pertahanan Terkait CIA


AGEN BOLATeheran - Otoritas Iran mengeksekusi mati seorang mantan pegawai Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang terkait dengan Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) atau CIA. Mantan pegawai Kementerian Pertahanan ini disebut menjadi agen intelijen yang menjual informasi rahasia Iran kepada CIA.

Eksekusi mati terhadap Reza Asgari dikonfirmasi oleh juru bicara otoritas kehakiman Iran, Gholamhossein Esmaili, dalam pernyataannya seperti dikutip situs berita lokal, Mizan, pada pekan ini.

Esmaili menyebut Asgari terlibat dengan CIA pada tahun-tahun akhirnya mengabdi pada Kementerian Pertahanan Iran. Disebutkan Esmaili bahwa Asgari terbukti bersalah menjual informasi soal program rudal Iran kepada CIA.

Atas perbuatannya itu, Asgari divonis mati. Asgari pensiun dari Kementerian Pertahanan Iran sekitar empat tahun lalu.

Eksekusi mati terhadap Asgari, sebut Esmaili, telah dilakukan pekan lalu. Namun dia tidak menjelaskan lebih detail soal eksekusi mati itu.

Secara terpisah, Esmaili menyebut bahwa vonis mati terhadap Mahmoud Mousavi-Majd, seorang warga Iran yang dituduh menjadi mata-mata untuk AS dan Israel, masuk dalam daftar yang akan dilaksanakan.

Tahun lalu, otoritas Iran mengumumkan bahwa pihaknya menangkap 17 mata-mata yang disebut bekerja untuk CIA.

Share on Google Plus

About maxbet268