Tutorial

Ada Ledakan Besar Dekat Pangkalan Militer Iran, Penyebabnya Misterius

Pangkalan militer Iran di Parchin dilihat dari satelit

AGEN BOLATeheran - Otoritas Iran sedang menyelidiki ledakan besar di timur ibukota, Teheran, di dekat pangkalan militer Parchin. Wilayah ini diduga memainkan peran dalam aktivitas uji coba nuklir negara itu di masa lalu.

Video dan gambar yang diunggah di media sosial, yang diambil oleh outlet berita lokal, menunjukkan cahaya terang menyala di langit kota pada hari Jumat (26/6) dini hari waktu setempat. Cahaya terang itu diikuti oleh asap besar. Saksi mata mengatakan ledakan itu berasal dari arah Parchin, sebuah situs militer utama. Namun, penyebab ledakan besar itu misterius.


Juru bicara Kementerian Pertahanan Iran Davoud Abdi mengatakan kepada TV pemerintah, ledakan itu terjadi di fasilitas penyimpanan gas di "area publik" Parchin, bukan di pangkalan militernya.

Dia menambahkan, api telah padam dan tidak ada korban yang dilaporkan, tetapi tidak memberikan perincian tentang penyebab ledakan itu.

"Rekan-rekan kami hadir di lapangan dan menyelidiki insiden itu dengan cermat," kata Abdi.

Parchin adalah tempat beradanya pangkalan militer yang luas, di mana para teknisi Iran diduga telah menguji komponen peledak tinggi untuk hulu ledak nuklir pada awal 2000-an. Tuduhan ini telah dibantah Iran.

Sebelumnya,pada tahun 2014, situs militer itu juga diduga telah rusak akibat kebakaran atau ledakan, tetapi penyelidikan oleh Badan Energi Atom Internasional terhambat karena kurangnya akses.

Share on Google Plus

About maxbet268