Tutorial

Kapal Mewahnya Terlihat di Wonsan, Kim Jong-Un Diduga Sedang Pelesiran

Kim Jong-Un Diduga Sedang Pelesiran

Keberadaan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-Un, masih jadi misteri.

Kim Jong-Un - Pimpinan Korea Utara

Jakarta ~  Keberadaan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-Un, masih jadi misteri. Ada kabar mengungkap bahwa Kim Jong-Un tengah pelesiran menggunakan kapal mewah di dekat Wonsan.

Dilansir Reuters, Kamis (30/4/2020), sebuah citra satelit menunjukkan pergerakan kapal mewah yang kerap digunakan Kim Jong Un dan rombongannya dekat Wonsan, kota pelabuhan di Korut bagian timur. Hal ini mengindikasikan dia sempat berada di kawasan resor tersebut, menurut ahli pengamat Korea Utara.

Spekulasi soal kesehatan Kim Jong-Un dan keberadaannya muncul setelah dia tak hadir pada perayaan hari ulang tahun mendiang kakeknya Kim Il-Sung pada 15 April lalu. Kim Jong-Un sebelumnya selalu hadir.

Pada hari Selasa (28/4), situs web pemantau Korea Utara, NK PRO melaporkan citra satelit komersial menunjukkan bahwa kapal yang sering digunakan Kim telah membuat gerakan dengan pola yang mengisyaratkan dia atau rombongannya mungkin berada di wilayah Wonsan.

Sebelumnya juga dilaporkan, kereta pribadi Kim Jong-Un diparkir di sebuah stasiun yang disediakan untuk vila di Wonsan.

Pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan, masuk akal bila Kim disebutkan tinggal di sana. Kim bisa jadi menghindari paparan virus Corona.

Terakhir kali media resmi di Korea Utara melaporkan keberadaan Kim adalah ketika dia memimpin pertemuan pada 11 April.

Kompleks tepi laut Kim di Wonsan, di pantai timur negara itu, dilengkapi dengan vila-vila tamu, pantai pribadi, lapangan basket, dan stasiun kereta pribadi, menurut para ahli dan citra satelit.

"Itu adalah rumah favorit dia (Kim Jong-Un)," ujar pengamat Korea Utara pada Stimson Center AS, Michael Madden.

Wonsan juga memegang kekuatan simbolis untuk dinasti Kim: Di sanalah Kim Il-Sung, yang membantu mendirikan Korea Utara pada akhir pemerintahan kolonial Jepang pada tahun 1945, pertama kali mendarat dengan pasukan Soviet untuk mengambil alih negara.

Wonsan diyakini oleh beberapa ahli sebagai tempat kelahiran Kim Jong-Un, sebagian karena ia menghabiskan tahun-tahun awalnya di istana keluarga di sana, meskipun sejarah resmi tidak pernah mengkonfirmasi di mana ia dilahirkan.


Share on Google Plus

About maxbet268