Berapa Umur Kalian di Planet Lain, Ini Jawabannya


AGEN BOLA, Planet di tata surya kita sangat bervariasi, mulai dari Venus yang suhunya bisa mencapai 471 derajat celcius, hingga Neptunus yang sangat dingin hingga -201 celcius.

Selain suhu yang bervariasi, setiap planet juga memiliki waktu perputaran yang berbeda-beda. Ini artinya, lamanya satu hari di setiap planet juga bisa berbeda.

Nah, ada situs unik untuk mempelajari perbedaan ini. Museum sains Exploratorium menyusun kalkulator yang memungkinkan untuk melihat berapa usia kalian di planet lain.

Cukup masukkan tanggal lahir, kalkulator akan mengungkapkan usia kalian dalam hitungan hari dan tahun, serta kapan ulang tahun kalian berikutnya.

Misalnya, seseorang yang lahir pada 4 Januari 1992, di Bumi dia berusia 28,6 tahun. Tapi di Merkurius, usianya 119 tahun dan ulang tahun berikutnya adalah pada 28 November 2020.

Sedangkan di Neptunus, dia baru berusia 0,17 tahun, dan ulang tahun berikutnya baru akan sampai di tanggal 20 Oktober 2156!


Exploratorium menjelaskan, Bumi sebenarnya melakukan beberapa gerakan berbeda sekaligus. Ada dua hal yang secara khusus menarik minat mereka.

"Pertama, Bumi berputar pada porosnya, seperti puncak yang berputar. Kedua, Bumi berputar mengelilingi Matahari, seperti bola tether di ujung tali yang mengelilingi kutub tengah," kata Exploratorium menjelaskan.

Satu hari ditentukan oleh waktu yang dibutuhkan untuk rotasi mirip Bumi pada porosnya. Tidak ada aturan yang mengatur tingkat rotasi planet, semuanya tergantung pada seberapa banyak putaran dalam materi asli yang membentuk masing-masing planet.

"Jupiter yang berukuran besar memiliki banyak putaran, berputar sekali pada porosnya setiap 10 jam, sedangkan Venus membutuhkan waktu 243 hari untuk sekali putaran," Exploratorium memberikan contoh.

Sedangkan, revolusi Bumi mengelilingi Matahari adalah cara kita mendefinisikan tahun. Exploratorium kemudian membandingkan dengan planet lain.

"Sementara Bumi membutuhkan 365 hari untuk membuat satu putaran, planet terdekat, Merkurius, hanya membutuhkan 88 hari," ujar mereka.

Penasaran ingin tahu umur kalian di planet lain? Kalian bisa coba sendiri kalkulator penghitung usia di berbagai planet silahkan di cek linknya >> https://www.exploratorium.edu/ronh/age/.

Share on Google Plus

About maxbet268