Tutorial

AS Berencana Jual Tujuh Senjata Utama ke Taiwan


AGEN BOLA, Washington - Amerika Serikat berencana untuk menjual sebanyak tujuh sistem senjata utama, termasuk ranjau, rudal jelajah, dan drone ke Taiwan, kata empat orang yang mengetahui diskusi tersebut. Hal itu dilakukan ketika pemerintahan Trump meningkatkan tekanan terhadap China.

Mengejar tujuh penjualan sekaligus adalah penyimpangan langka dari tahun-tahun sebelumnya di mana penjualan militer AS ke pulau itu dibatasi dan dikalibrasi dengan hati-hati untuk meminimalkan ketegangan dengan Beijing.

Tetapi pemerintahan Trump menjadi lebih agresif dengan China pada tahun 2020 dan penjualan akan mendarat karena hubungan antara Beijing dan Washington berada pada titik terendah dalam beberapa dekade karena tuduhan mata-mata, perang perdagangan yang berkepanjangan, dan perselisihan tentang penyebaran virus corona baru.

Pada saat yang sama, keinginan Taiwan untuk membeli senjata meningkat setelah Presiden Tsai Ing-wen terpilih kembali di sini pada bulan Januari dan telah menjadikan penguatan pertahanan Taiwan sebagai prioritas utama.

Taiwan adalah masalah teritorial paling sensitif di China. Beijing mengatakan itu adalah provinsi China, dan mengecam dukungan administrasi Trump untuk pulau itu.

Washington sangat ingin menciptakan penyeimbang militer terhadap pasukan China, membangun upaya yang dikenal di Pentagon sebagai "Benteng Taiwan", karena militer Beijing membuat langkah yang semakin agresif di wilayah tersebut.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan paket yang dilaporkan itu adalah "asumsi media", dan bahwa paket itu menangani pembicaraan dan penilaian pembelian senjata dengan cara yang sederhana dan rahasia, jadi tidak dapat menawarkan komentar publik sampai ada pemberitahuan resmi AS tentang penjualan apa pun ke Kongres.

Militer Taiwan terlatih dengan baik dan dilengkapi dengan baik dengan sebagian besar perangkat keras buatan AS, tetapi China memiliki keunggulan jumlah yang sangat besar dan menambahkan peralatan canggihnya sendiri.

Paket senjata dari Lockheed Martin Co, Boeing dan General Atomics sedang bergerak melalui proses ekspor, kata tiga orang yang mengetahui status kesepakatan di Capitol Hill, dan pemberitahuan kepada Kongres diharapkan dalam beberapa minggu.

Satu sumber industri mengatakan Presiden Donald Trump dijadwalkan akan diberi pengarahan tentang paket minggu ini oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo. Beberapa kesepakatan telah diminta oleh Taiwan lebih dari setahun yang lalu, tetapi baru sekarang sedang diproses melalui proses persetujuan. Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri menolak berkomentar.

Seorang pejabat senior AS, mengutip ketegasan China di Selat Taiwan, berkata: "Tidak ada keseimbangan hari ini. Ini tidak seimbang. Dan saya pikir itu berbahaya. "

Gedung Putih Trump telah melakukan upaya di sini untuk mengekspor senjata ke sekutu AS mencoba untuk meningkatkan pertahanan mereka, mengurangi ketergantungan pada pasukan AS sambil meningkatkan perusahaan dan pekerjaan AS.

Saat ia berjuang untuk pemilihan ulang pada 3 November, pendukung Trump dan Republik telah meningkatkan retorika mereka terhadap Beijing dan berusaha untuk menggambarkan lawan Demokrat Joe Biden sebagai orang yang lemah terhadap China.

Faktor lainnya termasuk anggaran pertahanan Taiwan yang lebih besar, dan ketakutan di Taiwan bahwa jika Trump kalah, Biden tidak akan bersedia menjual senjata paling canggih AS kepada mereka.

Ketertarikan Taiwan pada senjata dan peralatan AS bukanlah hal baru. Pulau itu memperkuat pertahanannya dalam menghadapi apa yang dilihatnya sebagai tindakan yang semakin mengancam oleh Beijing, seperti latihan angkatan udara dan angkatan laut China di dekat Taiwan.

Pejabat senior AS mengatakan peningkatan belanja pertahanan Taiwan adalah langkah yang baik, tetapi harus berbuat lebih banyak.

"Taiwan, terus terang, perlu berbuat lebih banyak untuk memastikan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mencegah agresi China," kata pejabat itu.

Share on Google Plus

About maxbet268