Tutorial

Shin Tae-yong Masih Mencari Pemain Keturunan Buat Timnas U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong masih mencari pemain keturunan dari luar negeri

Shin Tae-yong Masih Mencari Pemain Keturunan Buat Timnas U-19

JURNALDUNIA.ID Lisbon, Portugal ~ Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong masih mencari pemain keturunan dari luar negeri. Siapa menyusul Jack Brown dan Elkan Baggott?

Pelatih asal Korea Selatan itu sudah pernah menegaskan bahwa pemain yang dicari harus yang memiliki darah Indonesia. Ia tak punya rencana untuk memanggil pemain asing lalu menaturalisasinya.

"Memang kami sedang dalam pencarian (pemain keturunan Indonesia), tetapi saya tidak bisa mengungkap namanya. Jika waktunya tepat, pasti akan diumumkan," kata Shin Tae-yong kepada wartawan, Jumat (28/8/2020).

Sebelumnya sempat gencar isu rencana PSSI menaturalisasi lima pemain muda asal Brasil. Isu itu berawal dari kemunculan lima pemain di bawah usia 20 tahun yang bergabung dan tersebar di Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United.

Dua nama dari lima pemain tersebut pernah secara tak sengaja dimunculkan PSSI dalam Webinar bersama IDN Times pada Bulan Juli lalu. Namun Shinmenegaskan dirinya tak tertarik menggunakan pemain naturalisasi.

"Kami mencari pemain naturalisasi yang ada darah Indonesia (keturunan) untuk perkembangan sepakbola Indonesia memang perlu dan dibutuhkan pemain-pemain tersebut," timpal Shin.

"Untuk (naturalisasi pemain Brasil) itu tidak ada sama sekali. Kami mau mencari pemain berdarah Indonesia di luar negeri, supaya sepakbola Indonesia bisa berkembang satu tingkat."

Baru Jack Brown dan Elkan Baggott yang berstatus keturunan dan disertakan dalam pemusatan latihan Timnas U-19. Kedua pemain berdarah Inggris-Indonesia itu juga disertakan dalam daftar 30 pemain yang akan menjalani latihan di Kroasia.

Meski begitu, Elkant belum tentu akan bergabung ke Kroasia karena terkendala izin dari klubnya, Ipswich Town U-18. Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi juga pernah mengindikasikan Elkan tak bisa ikut latihan Timnas U-19 di luar negeri.

"Soal Elkan Baggott, belum ada balasan dari klub mereka (Ipswich Town U-18)," kata Shin.


Share on Google Plus

About maxbet268