Tutorial

Pertanyaan di Rencana Reposisi Belasan Ribu Tentara AS dari Jerman


AGEN BOLAWashington DC - Rencana Amerika Serikat (AS) menarik nyaris 12 ribu tentaranya dari Jerman disebut sebagai 'reposisi strategis'. Namun, alasan pasti reposisi belasan ribu tentara AS ini masih menyisakan pertanyaan.

Departemen Pertahanan AS atau Pentagon menyebut penarikan ini sebagai reposisi 'strategis', namun Presiden Donald Trump menyebutnya sebagai hukuman bagi Jerman untuk pembelanjaan pertahanan yang sedikit.

Menteri Pertahanan AS, Mark Esper, menyatakan bahwa Pentagon akan menarik pulang sekitar 6.400 tentara di Jerman dan memindahkan nyaris 5.600 tentara lainnya ke negara-negara NATO lainnya, termasuk Italia dan Belgia.

Beberapa tentara AS lainnya juga bisa direlokasi ke Polandia dan negara-negara Baltik, jika AS mencapai kesepakatan dengan negara-negara tersebut. Dengan demikian, total sekitar 11.900 tentara AS akan ditarik dari Jerman.

Langkah yang memakan biaya miliaran dolar Amerika ini, akan mengurangi kehadiran personel militer AS di Jerman menjadi sekitar 24 ribu tentara. Esper menekankan bahwa langkah ini merupakan bagian dari rencana lebih luas untuk menerapkan reposisi militer AS secara global agar lebih baik dalam menghadapi ancaman Rusia dan China.

"Reposisi pasukan kita di Eropa menunjukkan perubahan strategis dan positif yang besar," ujar Esper.

"Perubahan-perubahan ini tidak dipertanyakan lagi akan mencapai prinsip-prinsip inti dalam meningkatkan penangkalan AS dan NATO terhadap Rusia; memperkuat NATO; meyakinkan sekutu dan meningkatkan fleksibilitas strategis AS," imbuhnya.

Tapi di Gedung Putih, Trump menuturkan kepada wartawan bahwa Jerman tidak membayar bagiannya yang adil untuk pertahanan Eropa.

"Kita tidak ingin tertipu lagi... Kita melindungi Jerman, jadi kita mengurangi pasukan karena mereka tidak membayar bagiannya," tegas Trump.

Dalam langkah yang bisa dimulai dalam beberapa pekan ke depan ini, sejumlah komando operasional AS di Jerman akan dipindahkan ke Belgia dan Italia.

Kemudian Pentagon akan memindahkan skuadron jet tempur F-16 dari Jerman ke Italia, untuk membantu melindungi sayap tenggara NATO dekat Laut Hitam. Kota Stuttgart akan kehilangan markas Komando Eropa AS dan Komando Operasi Khusus Eropa ke Belgia.

Share on Google Plus

About maxbet268