Paus Biru Muncul di Sidney, Ketiga Kali dalam 100 Tahun Terakhir

Penampakan paus biru disebut ' sangat langka'

AGEN BOLA, Seekor paus biru terlihat di lepas pantai Sydney di Australia. Kejadian ini mungkin merupakan kejadian ketiga kalinya dalam hampir 100 tahun terakhir, kata otoritas satwa liar.

Paus itu terlihat bulan lalu di perairan dekat pinggiran pantai Maroubra di New South Wales.

National Parks and Wildlife Service (NPWS) NSW mengkonfirmasi penampakan "sangat langka" pada Jumat (04/09).

Paus biru - hewan terbesar di Bumi - jarang terlihat begitu dekat dengan pantai, katanya.

"Paus biru adalah hewan terbesar di planet ini namun meskipun ukurannya besar, ia dapat dengan mudah menyelinap ke pantai Sydney tanpa diketahui," kata Andrew Marshall dari NPWS dalam rilis berita.

Marshall mengatakan makhluk laut itu mungkin memiliki panjang lebih dari 25 meter (82 kaki) dan beratnya lebih dari 100 ton (100.000kg).

Namun terlepas dari ukurannya, paus biru "sebagian besar 'tidak terlihat' bahkan oleh pengamat paus yang paling rajin," kata Marshall.

"Mereka jarang terlihat karena mereka cenderung hidup sangat jauh di lautan luas, populasinya tersebar luas dan kami memiliki data yang sangat terbatas tentang migrasi dan habitat kritisnya," katanya.

Kelangkaan penampakan itu tidak berlaku bagi seorang fotografer, yang berhasil memotret paus biru saat berenang di sepanjang pantai dekat Maroubra.

"Saya tidak bisa berkata-kata tetapi saya dapat melontarkan sejuta hal pada saat yang sama," kata fotografer tersebut tentang penampakan paus biru dalam unggahan di Instagram.

"Kemarin saya tengah menyaksikan banyak paus bungkuk berjalan ke selatan di tempat saya biasa berburu foto di Maroubra dan.. salah satu keajaiban besar samudra muncul di depan saya: SEEKOR PAUS BIRU."

Fotografer itu mengatakan ia "benar-benar terpesona" oleh paus itu. Ia menambahkan, "Saya merasa seperti mendapatkan jackpot."

Marshall dari National Parks and Wildlife Service mengatakan penampakan itu adalah "catatan terverifikasi pertama dari spesies ini di lepas pantai kami".

Berbeda dengan paus bungkuk, yang menunjukkan tanda-tanda pemulihan populasi tahunan sekitar 10-11%, populasi paus biru di perairan NSW tetap sulit dipahami.

"Itulah mengapa penampakan seperti ini sangat berharga," kata Marshall.

"Mereka meningkatkan pemahaman kita tentang di mana spesies ini hidup dan dapat memberikan masukan jika ada tindakan yang perlu kita pertimbangkan dalam upaya melindungi mereka."

Share on Google Plus

About maxbet268