Tutorial

Kerangka Lengkap T-rex Dijual Rp 89 Miliar, Mau Beli?


AGEN BOLA, Salah satu kerangka fosil Tyrannosaurus rex terbesar dan terlengkap yang pernah ditemukan akan segera dilelang. Harganya diperkirakan akan mencapai jumlah yang fantastis, antara USD 6-8 juta (Rp 89-118 miliar).

Kerangka T-rex ini berusia 67 juta tahun dan akan dilelang oleh balai lelang Christie's pada 6 Oktober 2020 mendatang. Sebelum dilelang, kerangka bernama Stan ini akan dipamerkan di Rockefeller Center di New York hingga 21 Oktober 2020.

"Kami merasa terhormat untuk membawa Stan ke pelelangan dan telah dipercayakan dengan pengurusan T-rex yang ikonik dan penting," kata Head of Scientific Instruments, Globes and Natural History Christie's James Hyslop.

"Kesempatan melihat yang spesial ini akan menawarkan kesempatan bagi para penggemar dan pejalan kaki untuk melihat dan belajar tentang salah satu dinosaurus paling ikonik di dunia dengan saling menjaga jarak," sambungnya.

Selama dua dekade terakhir, Stan diteliti dan dipajang di Black Hills Institute di South Dakota, AS. Berkat Stan, ahli paleontologi berhasil menghasilkan puluhan makalah dan penelitian.

Dengan tinggi 13 kaki (3,9 meter) dan panjang 40 kaki (12 meter), Stan memiliki 188 tulang, menjadikannya kerangka T-rex terbesar dan terlengkap di dunia. Taringnya yang bergerigi memiliki panjang 27 cm, dan semasa hidupnya Stan diperkirakan berbobot 7-8 ton.

Nama Stan diambil dari ahli paleontologi amatir yang menemukannya, Stan Sacrison. Pada tahun 1987, Sacrison menemukan tulang pertama Stan di Hell Creek Formation yang mencakup wilayah Montana, North dan South Dakota dan Wyoming.

Awalnya tulang Stan dikira sebagai fosil Triceratops. Temuan ini didiamkan hingga tahun 1992, ketika ahli paleontologi lainnya menyadari asal-usul fosil yang sebenarnya.

Christie's mengatakan untuk menggali dan menyatukan semua fosil Stan dibutuhkan kerja manual selama 30.000 jam. Ahli paleontologi di Black Hills Institute mengerjakan semuanya dan membutuhkan tiga tahun untuk menyelesaikannya.

Dari hasil penelitian, Stan dulunya memiliki hidup yang sulit dan keras. Ia menderita patah leher, dengan dua tulang belakangnya terikat bersama dan yang ketiga tidak bisa bergerak. Ia juga mengalami tusukan di tengkorak dan rusuknya.

Kerangka T-rex lengkap terakhir yang pernah dilelang adalah 'Sue' yang dijual dengan harga USD 8,36 juta pada tahun 1997. Konsorsium yang mencakup McDonald's dan Walt Disney World Resort membeli fosil tersebut dan menyumbangkannya ke Field Museum of Natural History di Chicago.

Share on Google Plus

About maxbet268