Tutorial

Kebakaran di Libanon Berasal dari Gudang Penyimpanan Bantuan

Kebakaran di dekat lokasi ledakan Beirut berasal dari gudang penyimpanan bantuan.

AGEN BOLA, Komite Palang merah Internasional (ICRC) mengatakan pusat kebakaran di lokasi ledakan Beirut, Libanon berasal dari gudang penyimpanan bantuan makanan dan kebutuhan pokok. Insiden ini berisiko menganggu operasi kemanusiaan bagi korban.

"Gudang yang terbakar merupakan tempat ICRC menyimpan ribuan paket makanan dan 0,5 juta liter minyak," kata direktur regonal ICRC Fabrizio Carboni dalam cuitannya.

"Tingkat kerusakan masih harus ditelusuri. Operasi kemanusiaan kami berisiko terganggu serius."

Palang Merah Libanon mengatakan satu orang dirawat karena mengalami sesak napas setelah menghirup asap.

Seorang pejabat pertahanan sipil mengatakan bahwa sebagian besar api yang melalap bangunan berhasil dipadamkan pada Kamis (10/9) sore.

Sejauh ini belum diketahui pasti penyebab terjadinya kobaran api di lokasi ledakan di pelabuhan Beirut pada 4 Agustus lalu.

Presiden Libanon Michel Aoun mengatakan kebakaran bisa jadi sebagai tindakan sabotase yang disengaja, kesalahan teknis, ketidaktahuan, atau kelalaian.

"Dalam banyak kasus, penyebabnya perlu diketahui secepatnya, dan yang bertanggung jawab dimintai pertanggungjawaban," kata Aoun.

Kepala pelabuhan sementara Bassem al-Kaissi mengatakan bahwa api menjalari dari wadah penyimpanan minyak sebelum menjalar membakar ban. Sejauh ini ia mengatakan belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran.

Kebakaran yang terjadi di dekat pelabuhan Beirut pada Kamis hanya berselang sebulan setelah warga berupaya bangkit akibat ledakan besar yang menewaskan lebih dari 190 orang.

Dalam video yang dibagikan oleh pengguna media sosial nampak api hitam pekat membumbung tinggi dari lokasi dekat ledakan di pelabuhan Beirut.

Ledakan itu semakin mengikis kepercayaan publik pada pejabat negara di tengah kerasnya protes atas korupsi. Mereka mendesak pemerintah Libanon dan Presiden Michel Aoun untuk mundur.

Share on Google Plus

About maxbet268