Kebakaran Besar di Pelabuhan Beirut Bikin Panik Warga Lebanon

Kebakaran besar yang melanda pelabuhan Beirut di Lebanon pada Kamis (10/9) waktu setempat, telah berhasil dipadamkan dan memicu asap pekat ke udara

AGEN BOLABeirut - Sebuah kebakaran besar melanda pelabuhan Beirut di Lebanon pada Kamis (10/9) waktu setempat. Kebakaran ini membuat panik dan memicu ketakutan warga karena terjadi sebulan usai ledakan dahsyat mengguncang lokasi yang sama.

Kebakaran ini berawal di zona duty-free yang sudah hancur di pelabuhan Beirut. Warga sekitar yang masih trauma dengan ledakan dahsyat pada 4 Agustus lalu, memilih untuk beramai-ramai meninggalkan kota Beirut saat kebakaran terjadi.

Helikopter militer mengguyur air ke lokasi kebakaran, sementara petugas pemadam berupaya mengendalikan api dari daratan. Pada Kamis (10/9) malam waktu setempat, para pejabat setempat menyatakan sebagian besar api telah padam. Namun asap pekat masih mengepul dari

Kebakaran ini membuat khawatir warga Beirut, yang masih dalam masa pemulihan usai ledakan dahsyat bulan lalu yang juga dipicu oleh kebakaran besar dan menghancurkan separuh kota tersebut.

"Yang pasti kami takut, baru sebulan berlalu sejak ledakan yang menghancurkan Beirut. Kami melihat hal yang sama terjadi lagi," ucap seorang warga setempat bernama Andre Muarbes (53).

Warga Beirut lainnya, Majed Hassanein (49), memilih membawa istri dan kedua anaknya mengungsi keluar dari Beirut dengan mobil saat mengetahui ada kebakaran besar. "Saya terpaksa membawa mereka keluar dari Beirut, dari asap dan kebakaran yang kembali terjadi di pelabuhan lagi," ujarnya.

Presiden Lebanon, Michel Aoun, dalam rapat dengan Dewan Pertahanan Tertinggi menyatakan bahwa kebakaran itu bisa jadi akibat sabotase, kesalahan teknis atau kelalaian, dan penyebabnya harus segera diungkap.

Otoritas setempat menyatakan tidak ada laporan korban jiwa maupun korban luka akibat kebakaran yang terjadi pada Kamis (10/9) malam tersebut, meskipun beberapa orang mengalami sesak napas.

Sumber pada Dewan Pertahanan Tertinggi menyatakan bahwa keterangan kepala pelabuhan Beirut menyebut kebakaran disebabkan oleh pengerjaan pengelasan untuk perbaikan di area pelabuhan. Percikan api muncul di dalam gudang yang menyimpan benda-benda mudah terbakar, termasuk makanan yang disimpan oleh lembaga bantuan kemanusiaan. Kepolisian militer akan menyelidiki insiden ini.

Share on Google Plus

About maxbet268