Tutorial

FBI Akan Ikut Selidiki Penyebab Ledakan Besar Beirut

Ledakan besar Beirut, Lebanon

AGEN BOLA, Beirut - FBI akan ikut bergabung dalam penyelidik untuk mengungkap penyebab ledakan besar Beirut, Lebanon, yang menghancurkan sebagian besar kota. Hal itu diungkapkan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS).

"FBI akan segera bergabung dengan penyelidik Lebanon dan internasional, atas undangan dari Lebanon, untuk membantu menjawab pertanyaan yang saya tahu semua orang miliki tentang keadaan yang menyebabkan ledakan ini," kata Diplomat Karir Departemen Luar Negeri AS, David Hale.

Pihak berwenang Lebanon telah menjanjikan penyelidikan cepat atas ledakan besar Beirut pada Selasa (4/8), yang menghancurkan sebagian kota dan menewaskan sedikitnya 171 orang.

Seorang pejabat pengadilan pada Rabu (12/8), mengatakan bahwa jaksa penuntut akan menanyai beberapa menteri dan mantan menteri atas bencana tersebut.

Para pemimpin dunia, organisasi internasional, dan publik Lebanon yang bergolak telah mendesak penyelidikan internasional, tetapi Presiden Michel Aoun mengatakan bahwa seruan untuk penyelidikan semacam itu adalah "buang-buang waktu."

Jaksa Paris Remy Heitz mengatakan pekan lalu bahwa warga Prancis terluka dalam ledakan itu dan jaksa telah membuka penyelidikan atas "cedera akibat kelalaian" menggunakan yurisdiksi mereka untuk menyelidiki tindakan yang dilakukan di luar negeri.

Warga Lebanon sangat marah pada kepemimpinan politik yang memungkinkan pengiriman besar pupuk amonium nitrat berbahaya mendekam selama bertahun-tahun di gudang pelabuhan meskipun telah berulang kali peringatan keselamatan.

Banyak yang ingin melihat tragedi yang mereka anggap sebagai bukti mengejutkan dari kebusukan di inti sistem politik mereka.

Perdana Menteri Hassan Diab mengumumkan pengunduran diri pemerintahnya pada Senin (10/8), tetapi masih harus dilihat apakah wajah-wajah baru dibawa masuk atau anggota kelas penguasa Lebanon yang mengakar dibawa kembali.

Hale, yang merupakan wakil menteri luar negeri untuk urusan politik, mengatakan AS "siap untuk mendukung pemerintah Lebanon yang mencerminkan dan menanggapi keinginan rakyat dan benar-benar berkomitmen dan bertindak untuk perubahan nyata."

Share on Google Plus

About maxbet268