Dua Astronot Misi Historis SpaceX-NASA Telah Mendarat di Bumi



AGEN BOLA, Florida - Misi historis SpaceX-NASA yang membawa dua astronot Amerika Serikat telah mendarat di Pensacola, Florida. Dua astronot itu sebelumnya bertolak dari Stasiun Luar Angkasa (ISS).

Empat parasut utama awak SpaceX Dragon Endeavour dengan lembut muncul di permukaan air setelah pesawat ruang angkasa itu mendarat di lepas pantai Pensacola pada Minggu (2/8) sekitar pukul 14.48 waktu setempat (01.48 WIB).

Salah seorang astronot, Doug Hurley mengatakan "Ini benar-benar kehormatan dan hak istimewa kami,".

"Atas nama tim NASA dan SpaceX, selamat datang kembali di Bumi dan terima kasih telah menerbangkan SpaceX," jawab Mike Heimen dari SpaceX saat menyambut kedua astronot itu.

Sejumlah kapal sipil menyerbu zona pendaratan ketika sebuah kapal cadangan melaju dari kerangka roket yang telah meledak itu dan membawa dua astronot naik ke permukaan air.

Pembukaan lubang palka sempat tertunda selama beberapa waktu. Keterlambatan itu lantaran tim bekerja agar tidak terjadi kebocoran bahan bakar uap yang digunakan oleh roket itu.

Sebelumnya misi historis SpaceX-NASA dijadwalkan akan mendarat di AS pada 2 Agustus. Mereka berangkat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sehari sebelumnya.

"Kami menargetkan keberangkatan 1 Agustus pesawat ruang angkasa Dragon Endeavour dari stasiun ruang angkasa. Pendaratan ditargetkan pada 2 Agustus. Cuaca akan menentukan kepastian jadwalnya. Tunggu saja," ujar adniministator badan antariksa AS, Jim Bridenstine dalam akun twitter resminya, seperti dilansir AFP, Sabtu (18/7).

Kedua astronaut NASA ini berangkat dari ISS pada Sabtu malam kemarin menggunakan pesawat rancangan SpaceX, yakni Crew Dragon Endeavour. Perjalanan ke Bumi memakan sehari penuh.

Share on Google Plus

About maxbet268