Tutorial

China Tembakkan 4 Rudal ke Perairan Sengketa di Laut China Selatan


AGEN BOLA, China menembakkan rudal ke wilayah perairan yang disengketakan di Laut China Selatan, meningkatkan ketegangan dengan Amerika Serikat (AS). Peluncuran itu terjadi setelah AS memberlakukan sanksi kepada perusahaan-perusahaan China yang membantu kegiatan militerisasi di wilayah tersebut.

Seorang pejabat pertahanan AS pada Kamis (27/8/2020) mengatakan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) meluncurkan empat rudal balistik jarak menengah dari daratan China ke sebuah wilayah di Laut China Selatan, antara Pulau Hainan dan Kepulauan Paracel.

Peluncuran rudal pada Rabu (26/8/2020) itu terjadi di tengah latihan militer China, yang menutup sebagian besar wilayah perairan sengketa, baru-baru ini, demikian diwartakan VOA.

Pejabat AS yang tidak mau disebut namanya mengatakan latihan militer China baru-baru ini "menunjukkan" bagaimana militer China memandang , wilayah yang oleh hukum internasional dilindungi sebagai jalur bebas.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper, pada Kamis memperingatkan sistem "bebas dan terbuka" dunia yang diciptakan setelah Perang Dunia II itu terancam oleh apa yang disebutnya "perilaku melanggar aturan" China di kawasan Indo-Pasifik.

Komentar itu disampaikan Esper saat berada di pangkalan Komando Indo-Pasifik AS di Hawaii, sebelum menuju Guam dan Palau untuk menghadiri peringatan 75 tahun berakhirnya Perang Dunia II.

Esper menyebut kawasan Indo-Pasifik sebagai "pusat" persaingan kekuatan besar dan bertekad untuk tidak "menyerah sedikit pun" kepada negara-negara yang mengancam kebebasan internasional, yang jelas-jelas ditujukan pada China.

Share on Google Plus

About maxbet268