Tutorial

Pesan Terakhir untuk Kremasi Wali Kota Seoul yang Diduga Bunuh Diri



AGEN BOLA, Seoul - Sebelum menghilang, Wali Kota Seoul, Park Won-Soon sempat meninggalkan pesan terakhir agar jenazahnya dikremasi. Kepolisian Korea Selatan (Korsel) menduga pria yang ditemukan tewas di area gunung di Seoul itu bunuh diri.

Kepolisian pun menyelidiki kematian Park dengan prosedur kasus bunuh diri. jenazah Park (64) ditemukan di area hutan Gunung Bukak, yang berlokasi dekat kediaman resminya di area Seoul pada Jumat (10/7) dini hari. Dia dilaporkan hilang oleh anak perempuannya sejak Kamis (9/7) sore waktu setempat.

Kepolisian Seoul dalam pernyataannya menyebut tidak menemukan ada tanda-tanda kekerasan pada jenazah Park. Laporan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency, menyebut Park diduga melakukan bunuh diri.

"(Jenazahnya) Tidak menunjukkan tanda-tanda tertentu untuk pembunuhan," ujar seorang pejabat kepolisian setempat yang enggan disebut namanya, seperti dilansir Yonhap News Agency.

Pejabat kepolisian ini juga menyatakan bahwa penyelidikan atas kematian Park tengah dilakukan sesuai dengan prosedur kasus bunuh diri. Polisi tengah fokus mencari penyebab kematian Park.

Park yang menjabat Wali Kota Seoul sejak tahun 2011 ini, dilaporkan hilang oleh anak perempuannya pada Kamis (9/7) sore, sekitar pukul 17.17 waktu setempat. Sang anak menuturkan bahwa ayahnya 'meninggalkan rumah sekitar 4 atau 5 jam lalu' setelah meninggalkan pesan yang terdengar seperti wasiat atau seperti 'kata-kata terakhir. Telepon genggam Park juga dimatikan.

Kepala sekretaris Wali Kota Seoul merilis pesan singkat yang ditinggalkan Park di meja yang ada di dalam ruang belajar di kediamannya. Park meminta jenazahnya dikremasi.

"Saya meminta maaf kepada semuanya. Saya berterima kasih kepada semua orang yang telah bersama saya sepanjang hidup saya. Saya selalu merasa menyesal untuk keluarga saya, yang hanya saya beri rasa sakit. Tolong kremasi (jenazah saya) dan sebarkan (abu saya) di makam orang tua saya. Selamat tinggal semuanya," demikian bunyi pesan terakhir Park, seperti dilansir Yonhap News Agency.

Jika terbukti benar bahwa Park bunuh diri, maka dia menjadi politikus Korsel dengan jabatan tertinggi yang mengakhiri hidupnya sejak mantan Presiden Korsel, Roh Moo-Hyun, yang tewas usai melompat dari tebing tahun 2009 lalu, setelah diinterogasi terkait dugaan korupsi yang menyeret anggota keluarganya.

Laporan media-media Korsel menyebut Park sedang menghadapi tuduhan pelecehan seksual terhadap seorang wanita yang merupakan mantan sekretarisnya. Mantan sekretaris yang tidak disebut namanya itu, menurut sejumlah sumber, telah mengajukan laporan resmi ke polisi pada Rabu (8/7) waktu setempat.

Menurut sumber tersebut, laporan yang diajukan menyebut adanya 'kontak fisik' yang tidak diinginkan dan pesan-pesan 'tidak pantas' dari Park kepada mantan sekretarisnya itu. Kepolisian Seoul mengonfirmasi adanya laporan soal pelecehan seksual terhadap Park, namun menolak menjelaskan lebih detail.

Dengan kematian Park, maka penyelidikan kasus dugaan pelecehan seksual itu secara otomatis akan dihentikan.

Share on Google Plus

About maxbet268