Kasus Corona Muncul Lagi di Vietnam, Pertama Sejak Nyaris 100 Hari



AGEN BOLA, Hanoi - Vietnam kembali mendeteksi kasus infeksi virus Corona yang ditularkan secara lokal. Kasus ini merupakan yang pertama dalam waktu nyaris 100 hari di negara yang kebijakan lockdown totalnya mendapat pujian dunia internasional karena berhasil mengendalikan penyebaran penyakit.

"Pasien 416" tersebut adalah seorang pensiunan pria Vietnam berusia 57 tahun di kota Danang, Vietnam selatan, dan ini merupakan penularan komunitas pertama sejak 16 April.

Pejabat kesehatan setempat telah menguji 105 orang yang telah melakukan kontak dekat dengannya, demikian disampaikan Kementerian Kesehatan di situs webnya.

Pria itu telah membawa serta ibunya ke rumah sakit pada hari-hari sebelumnya setelah dia menunjukkan gejala penyakit. Namun otoritas setempat tidak memberikan konfirmasi tentang bagaimana dia terinfeksi Corona di negara itu, di mana tampaknya virus Corona telah menghilang selama beberapa bulan.

"Pasien saat ini dibantu dengan ventilator karena gagal pernafasan," demikian disampaikan Kementerian Kesehatan seraya menambahkan keluarganya yakin bahwa kontaknya dengan orang-orang lain terbatas.

"Dia tidak pergi keluar kota dan hanya tinggal di rumah untuk menjaga cucunya dan berinteraksi dengan tetangga, dia tidak melakukan kontak dengan orang asing," kata Kementerian Kesehatan.

Kota Danang telah dipadati wisatawan lokal yang kembali ke pantai dan restoran sejak Vietnam mengakhiri lockdown (penguncian).

Meskipun berbagi perbatasan yang panjang dengan Cina, Vietnam hanya mencatat 416 kasus infeksi Corona - termasuk yang terbaru dari Danang - tanpa kematian.

Otoritas komunis dengan cepat menerapkan lockdown di negara itu setelah virus Corona muncul di negara tetangga China, dengan memberlakukan sistem karantina negara yang ketat dan pelacakan kontak. Hingga saat ini, penerbangan internasional tetap sangat terbatas dengan karantina wajib dua minggu yang ditetapkan untuk para pengunjung.

Beberapa analis mengatakan respons tangguh terhadap virus Corona akan membantu ekonomi karena investasi asing dan kepercayaan konsumen lokal bangkit kembali.

Share on Google Plus

About maxbet268