PT Liga Indonesia Baru Nyatakan Siap Gelar Kompetisi Oktober

Liga Indonesia Kembali Digelar Oktober

Liga 1 & Liga 2 Akan Segera Kembali Digelar di Bulan Oktober

Liga Indonesia Kembali Digelar Oktober

Surat Keputusan dari PSSI Akan Menjadi Landasan PT Liga Indonesia Baru Untuk Melaksanakan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 di Tengah pandemi COVID-19

Jakarta, Indonesia ~ PSSI sudah menyatakan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 akan kembali digelar pada Oktober. Untuk Liga 1, akan melanjutkan musim yang sudah berjalan hingga pekan ketiga.

Sementara untuk Liga 2 yang sebelumnya baru berjalan satu pekan, bakal ada pengulangan musim menyesuaikan dengan perubahan sistem kompetisi, yakni dibagi pada menjadi sistem grup.

Keputusan PSSI terkait kompetisi sudah tertuang dalam Surat Keputusan (SK) dengan nomor KEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020.

Sebelumnya, PSSI lebih dulu menerbitkan SK terkait penghentian kompetisi untuk sementara waktu karena pandemi virus corona, dan menetapkan status force majeure pada periode Maret-Juni.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sudah membeberkan bahwa mereka siap untuk menggelar kembali kompetisi, sesuai dengan arahan PSSI, yakni pada Oktober mendatang.

SK bernomor SKEP/53/VI/2020 itu akan menjadi landasan kami untuk menentukan Langkah-langkah berikutnya,” beber Akhmad Hadian Lukita, direktur utama LIB, Senin (29/06/2020) siang.

Liga 1 & Liga 2 Akan Segera Kembali Digelar di Bulan Oktober

Segala rancangan terkait kompetisi di tengah pandemi sudah dibuat oleh LIB, dan masih dalam penyempurnaan. Akhmad menuturkan bahwa LIB akan terus berkoordinasi untuk pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2.

"Kerangka secara umum sudah kami buat, dan kini tinggal menyesuaikan dengan surat keputusan tersebut. Lebih lanjut, kami juga merancang semuanya, dan menyelaraskan dengan situasi dan kondisi saat ini,” tutupnya.

Jika mengacu pada keputusan PSSI, Liga 1 bakal dipusatkan di Pulau Jawa, guna meminimalisir perjalanan tim dalam melakukan pertandingan. Selain itu, tidak ada sistem degradasi berlaku untuk Liga 1 dan Liga 2.

Melihat pada paparan awal yang diberikan PSSI kepada klub, Liga 2 akan dipecah menjadi empat grup, yang masing-masing dihuni enam tim. Dan keputusan besar lainnya, ada pengurangan slot promosi di Liga 2, dari tiga menjadi hanya dua.

Komunikasi lebih lanjut dibutuhkan untuk pelaksanaan kompetisi, seperti kepada APPI (asosiasi pemain) dan APSSI selaku asosiasi pelatih, guna mengetahui keinginan mereka terkait sistem gaji di kondisi saat ini.

Iriawan, ketua umum PSSI, menjabarkan bahwa dasar yang diberikan adalah klub membayar gaji kepada pemain, pelatih dan ofisial mereka sebesar 50 sampai 60 persen, karena kondisi yang sulit di saat wabah virus corona ini.

Share on Google Plus

About maxbet268