Mario Gomez Pensiun


AGEN BOLA, Mario Gomez memutuskan pensiun. Penyerang asal Jerman itu menuntaskan karier sepakbolanya bersama klub masa kecilnya, VfB Stuttgart.

Gomez, 34 tahun, tak pergi begitu saja. Ia berhasil membawa Stuttgart kembali promosi ke Bundesliga musim depan usai finis di peringkat dua klasemen akhir.

Musim ini, Die Schwaben memang tampil di divisi 2. Bundesliga. Seiring bertambahnya usia, Gomez juga tak lagi jadi pilihan utama di lini depan.

Meski begitu, ia masih bisa menyumbangkan 7 gol di musim terakhirnya untuk Stuttgart, termasuk di laga terakhirnya saat dikalahkan SV Darmstadt 98 dengan skor 1-3. Gol itu menjadi persembahan terakhirnya di lapangan hijau.

"Promosi ke Bundesliga menjadi misi terakhir saya untuk Stuttgart. Saya selalu bermimpi bisa menyelesaikan karier di sini," ujar Gomez, dikutip dari BBC.

Bertipe striker nomor 9, nama Gomez mulai mencuat saat membawa Stuttgart juara Liga Jerman musim 2006/07. Ketajamannya terus berlanjut hingga akhirnya ia direkrut Bayern Munich pada musim panas 2009.

Empat musim di Bavaria, pria berdarah Spanyol itu mencetak 113 gol dan meraih banyak gelar, mulai dari Liga Jerman, DFB Pokal, hingga Liga Champions. Namun kedatangan Mario Manduzkic pada 2012 membuat kans bermainnya berkurang.

Tak mau dicadangkan, ia memilih hijrah ke Italia pada 2013, bergabung dengan Fiorentina. Apes baginya, ia justru didera cedera parah di musim perdananya, hingga harus melewatkan Piala Dunia 2014, di mana Jerman menjadi juara. Di musim keduanya bersama La Viola juga tak ada perubahan signifikan.

Akhirnya, Gomez dipinjamkan ke Besiktas pada musim 2015/16 dan sukses meraih gelar Liga Turki. Ketajamannya pun kembali, dengan mencetak 26 gol di 33 laga. Namun situasi politik yang panas saat itu di Turki, dengan adanya percobaan kudeta terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan, membuatnya tak mau bertahan lama di sana.

Setelahnya, Gomez pulang ke Jerman, bergabung dengan Wolfsburg pada 2016 lalu kembali ke Stuttgart pada 2018 dan bertahan hingga pensiun.

Di level internasional, Gomez tampil 78 kali dan mencetak 31 gol bersama Timnas Jerman selama periode 2007-2018. Prestasi terbaiknya yakni menjadi runner-up di Piala Eropa 2008.


Share on Google Plus

About maxbet268