Tutorial

Presiden Trump Ungkap Rencana Pertemuan dengan Kim Jong Un pada Bulan Mei

Kim Jong Un, Moon Jae-in, dan Donald Trump

AGEN BOLA,WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjelaskan akan bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam tiga atau empat pekan mendatang.

Trump mengatakan pertemuan itu akan menjadi sebuah pertemuan yang sangat penting dan akan berjalan lancar.

Trump pun angkat bicara terkait peristiwa bersejarah pertemuan dua pemimpin Korea pekan lalu.

"Hal baik sedang terjadi. Hanya waktu yang bisa berbicara! PERANG KOREA BERAKHIR! AS bangga atas apa yang terjadi di Semenanjung Korea," tulis Trump lewat Twitter pada Jumat malam.

Lebih dari satu dekade telah berlalu sejak para pemimpin negara itu terakhir bertemu. Kim dan Moon setuju untuk rutin berkomunikasi lewat telepon dan sering bertemu langsung.

Mereka berjanji untuk tingkatkan kerja sama pada sejumlah masalah bilateral, termasuk menyatukan kembali keluarga yang terpisah pasca perang Korea. Selain itu, semenanjung Korea akn meningkatkan hubungan transportasi lintas batas.

Moon Jae In mengatakan dirinya dan Kim Jong Un sadar bahwa harapan 80 juta warga Korea Utara dan Korea Selatan berada di pundak mereka.

Kami dapat berdiri bersama hari ini dan setuju bahwa kami harus denuklirisasi semenanjung Korea," kata Moon seperti terjemahan dari stasiun TV Korsel, Arirang.

"Untuk sepenuhnya melakukan denuklirisasi, kami menyatakan bahwa kami akan bekerja sama untuk mewujudkan perdamaian abadi di semenanjung," imbuhnya.

Sebelumnya, Kim Jong Un dan Moon Jae In mengadakan KTT dan melakukan deklarasi Panmujeon di gedung Peace House, Korsel, Jumat (27/4/2018). Deklarasi yang diprakarsai oleh Kim Jong Un dan Moon Jae-in ini berisi 9 poin soal peningkatan kerja sama antar kedua negara.

Keadaan di semenanjung Korea sempat memanas dalam dua tahun terakhir akibat rentetan uji coba rudal balistik dan senjata nuklir Korea Utara. Melalui deklarasi Panmujeon, Korsel dan Korut sepakat untuk denuklirisasi dan mengakhiri Perang Korea.


Share on Google Plus

About maxbet268