Kisah iPod Misterius Bikinan Pemerintah AS


AGEN BOLA, Apple dikenal sebagai perusahaan yang sangat tertutup soal produk buatannya. Namun mereka ternyata pernah bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat untuk membuat sebuah iPod khusus yang misterius.

Pada 2005, Apple pernah mengizinkan dua kontraktor pemerintah AS untuk bekerja di kantor mereka. Tujuannya adalah untuk membuat iPod khusus, yang bahkan kegunaannya sampai saat ini masih menjadi misteri.

Tak banyak pegawai Apple yang mengetahui keberadaan iPod misterius ini, hanya empat orang. Salah satunya adalah David Shayer, mantan engineer iPod, yang baru-baru ini menuliskan kisahnya itu.

Pada suatu hari di tahun 2005, Shayer tiba-tiba didatangi oleh direktur iPod Software. Ia diberi tugas khusus untuk membantu dua orang engineer dari Kementerian Energi AS membuat sebuah iPod spesial.


Menurut Shayer, hanya ada empat orang yang mengetahui keberadaan iPod misterius ini, yaitu dia, direktur iPod Software, VP iPod Division, dan SVP Hardware Apple. Tak satupun dari empat orang itu saat ini masih bekerja di Apple, dan tak ada catatan dalam bentuk fisik, hanya komunikasi secara verbal.

Menurut Shayer, dua orang dari pemerintah AS itu mau menambah hardware vustom ke dalam sebuah iPod yang bisa menulis data ke dalam storage iPod, namun data tersebut tak boleh mudah terdeteksi. iPod-nya pun harus terlihat seperti iPod pada umumnya.

Ia mengaku tak mengetahui untuk apa iPod itu nantinya, namun Shayer menyebut kemungkinan iPod tersebut bakal menjadi semacam alat Geiger -- pengukur radiasi -- rahasia, yang bisa mengukur tingkat radiasi secara diam-diam karena terlihat seperti iPod biasa.

Hal ini mungkin terdengar seperti kisah fiksi dalam film atau novel mata-mata, namun mantan bos iPod Tony Fadell pun mengkonfirmasi kisah ini. Fadell saat itu adalah VP di divisi iPod.

"Proyek ini tak diragukan lagi kebenarannya," tulis Fadell lewat akun @tfadell di Twitter.

Share on Google Plus

About maxbet268