Fakta Baru dari Kotak Hitam Pesawat Ukraina yang Jatuh di Teheran

Penampakan pesawat Ukraina yang jatuh

AGEN BOLA, Teheran - Kotak hitam pesawat Ukraina yang jatuh di Teheran mengungkapkan bahwa pilot masih hidup setelah serangan rudal pertama yang menghantam pesawat, kata pejabat Iran, Minggu.

Pesawat dengan nomor penerbangan 752 jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara utama Teheran pada 8 Januari 2020.

Iran mengakui beberapa hari kemudian bahwa pasukannya secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat Boeing 737-800 yang menuju ke Kiev, menewaskan 176 orang di dalamnya.

Pertahanan udara Teheran dalam keadaan siaga tinggi pada saat itu seandainya AS membalas serangan Iran beberapa jam sebelumnya terhadap pasukan Amerika yang ditempatkan di Irak.

Kepala otoritas penerbangan sipil Iran, Touraj Dehghani Zanganeh, pada hari Minggu mengungkapkan untuk pertama kalinya fakta yang ada di kotak hitam, yang telah dikirim ke Prancis untuk dianalisis.

Dia mengatakan bahwa perekam suara kokpit mencatat percakapan antara pilot, co-pilot dan instruktur antara dua ledakan tersebut.

"Hingga 19 detik setelah rudal pertama meledak di sekitar pesawat, (mereka) melihat kondisi abnormal dan mengendalikan pesawat hingga saat-saat terakhir," katanya, dikutip situs televisi pemerintah.

"Instruktur mengindikasikan bahwa pesawat mengalami masalah elektronik dan daya tambahan telah diaktifkan," katanya.

Pilot diberitahu bahwa kedua mesin pesawat hidup. Kotak hitam berhenti bekerja 19 detik setelah ledakan pertama, sehingga tidak mungkin untuk mengambil data tentang dampak dari rudal kedua, katanya.

Analisis tentang "efek rudal kedua tidak dapat diperoleh dari kotak hitam," kata Zanganeh.

Iran, yang tidak memiliki alat untuk memecahkan kode kotak hitam, mengirimnya ke Prancis untuk dianalisis pada pertengahan Juli, hampir enam bulan setelah bencana.

Sebuah sumber yang dekat dengan investigasi mengatakan pernyataan Iran tidak mengandung kejutan, menambahkan bahwa kotak hitam tidak akan pernah mengungkapkan siapa yang menembak rudal atau apakah serangan itu disengaja.

Share on Google Plus

About maxbet268