Teka-teki Kuburan Massal Ditemukan Dekat Kantor Polisi Meksiko


AGEN BOLAGuadalajara - Ada 23 jenazah yang ditemukan terkubur di dalam kuburan massal tersembunyi di dekat kantor polisi di Guadalajara, Meksiko. Namun, temuan kuburan massal ini masih menyisakan teka-teki.

Mulanya, penemuan kuburan massal ini dilaporkan oleh kantor jaksa Jalisco. Ada 3 jenazah yang telah diidentifikasi.

"Orang-orang yang dikerahkan ke lokasi telah menemukan 23 mayat, juga empat kantong yang berisi berbagai barang bukti, dan tiga jenazah telah diidentifikasi," demikian pernyataan kantor jaksa Jalisco.

Disebutkan kantor jaksa Jalisco bahwa temuan kuburan massal itu didapat pada Senin (13/7) waktu setempat.

Kantor jaksa Jalisco menambahkan bahwa keluarga dari tiga jenazah yang telah teridentifikasi, telah diberitahu. Kuburan massal ini ditemukan di antara dua rumah dan hanya berjarak tiga blok dari kantor polisi El Salto di pinggiran Guadalajara, ibu kota dari negara bagian Jalisco.

"Itu di antara dua rumah tempat orang-orang tinggal. Anda harus bertanya, mengapa mereka tidak melaporkan sesuatu?" ucap koordinator FUNDEJ, Guadalupe Aguilar, dalam pernyataannya. FUNDEJ merupakan organisasi yang mencari orang hilang di Meksiko dan yang memantau penggalian kuburan massal yang dilakukan pemerintah.

Penyidik setempat menemukan bukti bahwa tindak kejahatan dilakukan di properti itu 'terkait kasus orang hilang'. Pada 2 Juli, para penyidik memeriksa lokasi kuburan massal lainnya di dekat kota Tlaquepaque, di mana mereka menemukan 86 kantong berisi jasad manusia.

Sekitar 10 hari lalu, otoritas Meksiko melanjutkan penggalian di lokasi kuburan massal lainnya di kota Tlajomulco, yang juga ada di wilayah pinggiran.

Pada Januari lalu, ditemukan 500 kantong berisi potongan mayat yang diperkirakan berasal dari 48 orang di lokasi yang sama. Upaya penggalian itu ditangguhkan pada Maret lalu imbas pandemi virus Corona (COVID-19).

Sejumlah besar mayat juga ditemukan di Jalisco usai terjadi bentrokan berdarah antara kelompok-kelompok kartel narkoba setempat.

Untuk diketahui, pemerintah Meksiko dalam laporan pada awal pekan ini menyebut 73.201 orang dinyatakan masih hilang. Sebagian besar dari mereka hilang sejak otoritas Meksiko meluncurkan operasi tegas menindak kartel-kartel narkoba tahun 2006 lalu. Sejak saat itu, sedikitnya 6.625 mayat ditemukan di dalam kuburan massal tersembunyi.

Share on Google Plus

About maxbet268