Gereja Bersejarah di Prancis Kebakaran, Piano-Lukisan Abad 17 Hilang

ilustrasi gereja kebakaran

AGEN BOLAParis - Gereja Katedral Gothic Nantes, Prancis, kebakaran. Sejumlah benda penting nan bersejarah di dalam gereja itu, hilang.

Kebakaran membuat organ gereja, artefak dan sejumlah lukisan abad 17, hilang. Saksi mata menyebut api terlihat di 3 titik di bagian belakang gereja.

"Ketika kami tiba di tempat di mana kebakaran terjadi, Anda melihat tiga titik kebakaran terpisah," kata Jaksa Nantes, Pierre Sennes kepada AFP, Minggu (19/7/2020).

100 petugas pemadam kebakaran dikerahkan. Polisi masih menyelidiki hilangnya sejumlah benda penting di dalam gereja itu. Namun, petugas yang berwenang tidak menemukan adanya tanda-tanda pembobolan.

Pejabat Katolik Pastor Fran├žois Renaud menyebut hilangnya benda-benda bersejarah di dalam gereja merupakan 'pukulan telak'. Total kerugian belum dapat ditaksir.

"Organ paduan suara telah menjadi aura bersama dengan paduan suara yang berdampingan. Jendela-jendela kaca patri asli di belakang organ besar itu semuanya hancur," katanya.

Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengunjungi gereja tersebut. Ia meminta kepolisian menyelidiki insiden kebakaran itu sebagai agenda prioritas.

Dari catatan AFP, terakhir kali gereja itu kebakaran pada tahun 1972. Dimana butuh waktu 13 tahun lamanya untuk memperbaiki atap gereja.

Share on Google Plus

About maxbet268