Dilanda Kebakaran Hutan, Gubernur California Minta Bantuan Internasional


AGEN BOLA, Beberapa kebakaran hutan terbesar kembali terjadi di negara bagian California, Amerika Serikat, memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka. Gubernur California pun menyerukan bantuan internasional untuk memerangi kobaran api.

Para pejabat setempat mengatakan, sekitar 12.000 sambaran petir melanda seluruh negara bagian dalam 72 jam, memicu kebakaran yang menimbulkan asap tebal, yang menyelimuti sebagian besar wilayah California tengah dan utara.

"Kita belum pernah melihat yang seperti ini selama bertahun-tahun," kata Gubernur California Gavin Newsom.

Dua titik api terbesar - dijuluki SCU Lightening Complex dan LNU Lightening Complex - telah membakar total sekitar 240.000 hektar dan hampir 500 bangunan.

Pabrik anggur di daerah Napa dan Sonoma yang terkenal, yang masih belum pulih dari kobaran api dalam beberapa tahun terakhir, juga berada di bawah ancaman kebakaran SCU Complex.

Sejauh ini lima orang telah tewas akibat kebakaran hutan ini, dengan empat jasad ditemukan pada hari Kamis (20/8), termasuk tiga jasad dari sebuah rumah yang terbakar di daerah pedesaan di Kabupaten Napa.

Cagar alam juga rusak. Taman Negara Bagian Big Basin Redwoods mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa beberapa bangunan bersejarahnya telah hancur terbakar.

Disebutkan bahwa taman tersebut, di mana pohon redwood raksasa berumur lebih dari 500 tahun dapat ditemukan, telah "rusak parah".

Sekitar 119.000 orang telah dievakuasi dari daerah itu. Banyak dari mereka yang berjuang untuk menemukan tempat berlindung dan ragu-ragu untuk pergi ke pusat-pusat yang didirikan oleh pihak berwenang karena risiko virus Corona.

Gubernur Newsom mengatakan, para petugas pemadam kebakaran, peralatan pengawasan dan perangkat keras pemadam kebakaran lainnya didatangkan dari beberapa negara bagian AS termasuk Oregon, New Mexico dan Texas, untuk memadamkan api.

Namun dihadapkan pada luasnya kebakaran hutan tersebut, dia juga meminta bantuan dari Kanada dan Australia, yang menurutnya memiliki "petugas pemadam kebakaran terbaik dunia".

Newsom menyebutkan sebagian besar kebakaran terjadi di daerah-daerah yang tidak berpenduduk dan di seluruh negara bagian telah membakar sekitar 771.000 hektar - seluas negara bagian Rhode Island.

Share on Google Plus

About maxbet268