Segera Latih Juventus U-23, Pirlo Disiapkan Jadi 'New Zidane'?


AGEN BOLA, Andrea Pirlo dikabarkan setuju melatih Juventus U-23 mulai musim depan. Tak hanya itu, ia juga dipersiapkan untuk menjadi pelatih utama Bianconeri di masa mendatang.

Diberitakan Sky Sport Italia, Pirlo akan didampingi oleh Roberto Baronio sebagai asisten. Keduanya pernah setim semasa muda di Brescia dan sama-sama tampil membela Italia di Olimpiade Sydney 2000. Sampai Januari kemarin, Baronio berstatus pelatih Napoli Primavera.

Pirlo akan menggantikan Fabio Pecchia, eks pemain Juventus lainnya. Meski Pecchia sukses mengantarkan tim yang juga disebut sebagai Juventus B itu meraih Coppa Italia Serie C musim ini, ia gagal membawa tim asuhannya promosi ke Serie B. Atas dasar inilah Pirlo dipersiapkan.

Harapannya, Pirlo bisa bertahan dalam jangka panjang. Menurut penelusuran juru transfer kawakan asal Italia, Fabrizio Romano, terselip rencana khusus dibalik penunjukkan Pirlo oleh Presiden Juventus, Andrea Agnelli.

Hal itu yakni mempersiapkan eks gelandang yang dijuluki il professore oleh pendukung Juventus itu sebagai pelatih tim utama Bianconeri di masa depan. Kabarnya, Agnelli terinspirasi oleh perjalanan karier Zinedine Zidane dan Pep Guardiola.

Diketahui, karier keduanya melesat usai dipromosikan menjadi pelatih tim utama, setelah sebelumnya melatih tim reserve. Guardiola naik menjadi pelatih utama Barcelona pada 2008 setelah sebelumnya melatih Barcelona B. Hasilnya, Guardiola meraih gelar treble di musim 2008/09.

Zidane juga mirip. Naik menjadi pelatih utama Real Madrid pada awal 2016, ia yang sebelumnya membesut Real Madrid Castilla sukses menjadi pelatih pertama yang meraih gelar Liga Champions sebanyak tiga kali beruntun di periode 2016-2018.

Andai resmi dipinang Juventus, maka ini akan menjadi debut Pirlo sebagai pelatih profesional. Selepas pensiun pada 2017 lalu, ia memang tertarik melanjutkan karier sebagai pelatih, namun belum terealisasikan sampai saat ini.


Share on Google Plus

About maxbet268