Baru Tiba, Sebagian TKI dari Malaysia Dikarantina di Lanud Soewondo Medan

TKI dari Malaysia Dikarantina di Lanud Soewondo Medan

Landasan Udara (Lanud) Soewondo, Sumatera Utara (Sumut) jadi lokasi sementara bagi sebagian TKI yang baru tiba dari Malaysia.

Foto : Landasan Udara (Lanud) Soewondo, Sumut.

Medan ~ Landasan Udara (Lanud) Soewondo, Sumatera Utara (Sumut) jadi lokasi sementara bagi sebagian TKI yang baru tiba dari Malaysia. Mereka dikarantina terlebih dahulu sebelum dipulangkan ke daerah asalnya.
"Benar. Kita sudah siapkan 400 set velbed (tempat tidur) di Lanud Soewondo," kata penyedia tempat, Mayor Kes dr. Whiko Irwan, saat dimintai konfimasi detikcom, Kamis (9/4/2020).

Whiko yang juga Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut itu tidak menjelaskan secara detail berapa jumlah TKI yang tiba di Lanud tersebut. Menurutnya, tempat ini disiapkan karena tempat satunya lagi di Deli Serdang tidak mencukupi.

"Tidak (semuanya). Ada yang di Deli Serdang juga. Nggak cukup di sana, makanya disiapkan di sini," sebut Whiko.

Whiko menyebutkan para TKI itu nantinya dilakukan karantina sementara dulu. Setelah selesai, baru dijemput oleh Dinas Tenaga Kerja masing-masing kabupaten asal mereka.

"Dikarantina sementara saja. Kalau sudah clear di sini, nanti dijemput oleh Dinas Tenaga Kerja masing-masing kabupaten. Nanti, di kabupaten baru dilakukan isolasi mandiri masing masing," ujar Whiko.

"Karantina sementara ini dilakukan selama dua hari," ujar Whiko.

Diberitakan sebelumnya, ratusan TKI dari Malaysia masuk ke Sumatera Utara (Sumut) lewat Bandara Kualanamu. Mereka tiba dengan dua gelombang. Sebagian dari mereka sudah tiba pagi tadi dan sebagian lagi bakal tiba pukul 15.00 WIB nanti.

"Ada sekitar 136 (orang) kali dua, dua penerbangan," kata juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah.




Share on Google Plus

About maxbet268