Tutorial

Banjir Rendam 4 Desa di Tanah Paser Kaltim, Ketinggian Capai 150 Cm

Banjir Kaltim capai Ketinggian Capai 150 Cm

Sebanyak empat desa di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Tanah Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) terendam banjir

Foto : Banjir di Tanah Paser, Kalimantan Timur

Surabaya ~Sebanyak empat desa di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Tanah Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) terendam banjir. Ketinggian air mencapai satu meter lebih.

"(Sebanyak) empat desa yang terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) setinggi 50-150 centimeter," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Minggu (5/4/2020).

Agus menjelaskan banjir terjadi sejak Sabtu (4/4) karena daerah aliran sungai (DAS) Kandilo meluap. Agus mengungkapkan DAS Kandilo tak mampu menampung debit air yang dipicu intensitas curah hujan tinggi.

Dia pun menerangkan ada 12 RT dengan jumlah 347 KK atau 1.242 jiwa di Desa Batu Kajang terdampak akibat banjir ini. Selain itu, 3 RT dengan 1.010 KK atau 357 jiwa di Desa Songkak juga terdampak akibat DAS Kandilo yang meluap.

Selain itu, warga Desa Kasungai dengan 33 KK atau 102 jiwa ikut terkena dampak. Desa Legai yang dihuni 148 KK atau 557 jiwa juga terkena dampak banjir ini.

Tak ada korban jiwa akibat banjir ini. Kerugian akibat banjir ini pun masih dilakukan pendataan lebih lanjut.

"Menurut laporan sementara, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir. Namun beberapa rumah dan bangunan lainnya rusak karena terdampak banjir dan kerugian masih dalam pendataan lebih lanjut," pungkas Agus.



Share on Google Plus

About maxbet268